Tugas Akhir

oleh

Tugas riset (TR) adalah mata kuliah yang diharapkan memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mengidentifikasi secara mandiri masalah-masalah yang relevan dengan ilmu kimia melalui pendekatan ilmiah berdasarkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip ilmu kimia serta merumuskan permasalahan, menyusun rencana penelitian, melaksanakan penelitian, pengamatan, pengolahan dan analisis, serta mengkomunikasikan hasil penelitian melalui karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi maupun lisan. Dengan demikian diharapkan  mahasiswa mempunyai kemampuan dasar untuk menerapkan ilmu serta melanjutkan studi yang lebih tinggi. Mahasiswa tugas riset dalam melakukan tugasnya bergabung dengan salah satu kelompok riset atau mitranya yang ada di Undip atau di luar Undip. Terkait  dengan monitoring, evaluasi dan lama penyelesaian Tugas Riset, pelaksanaan Tugas Riset dibagi menjadi Tugas Riset 1 [PAK 410 (3 sks/VII)] dan Tugas Riset II [PAK 412 (3 sks/VIII)].

Tugas Riset (TR) dilaksanakan di bawah bimbingan seorang pembimbing utama (staf dosen departemen Kimia) dan satu atau dua orang pembimbing anggota dalam salah satu kelompok riset di Departemen Kimia atau mitra. Tugas pembimbing adalah membimbing manajemen penelitian, membimbing pelaksanaan dan monitoring penelitian serta penulisan skripsi mahasiswa. Penunjukan pembimbing diatur oleh koordinator Tugas Riset bersama-sama dengan Kepala Laboratorium berdasarkan kepakaran-kepakaran yang ada di kelompok riset. Jika diperlukan dimungkinkan adanya pembimbing lapangan. Setiap pembimbing maksimal membimbing 5 orang mahasiswa dalam tiap masa pembimbingan. Materi TR difasilitasi oleh pembimbing dengan mempertimbangkan usulan mahasiswa, dan diharapkan sesuai dengan arah/peta kelompok riset.

Tugas Riset I

Tugas Riset I (TR-1) adalah bagian pertama mata kuliah Tugas Riset yang memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam menyusun rencana riset yang meliputi studi literatur, penyusunan metodologi yang didasarkan pada studi pendahuluan penelitian. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah tugas riset I dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Menempuh minimal 110 sks, IPK > 2,75 (dengan nilai D maksimal 2 matakuliah, tanpa nilai E).
  2. Untuk mahasiswa angkatan sebelum 2017/2018 syarat IPK > 2,00  (dengan nilai D maksimal 2 matakuliah, tanpa nilai E).
  3. Lulus semua matakuliah praktikum dan lulus PKT
  4. Memiliki sertifikat TOEFL (SEU)

Output mata kuliah Tugas Riset I  adalah Laporan Tugas Riset I dengan isi seperti skripsi yang meliputi BAB I, BAB II, BAB III dan BAB IV (kalau sudah ada data) serta rencana penelitian selanjutnya. Laporan Tugas Riset I dipersyaratkan merujuk/mengacu minimal pada empat  jurnal internasional terbaru (5 tahun terakhir). Evaluasi/penilaian Tugas Riset I dilakukan oleh Dosen pembimbing I, Dosen Pembimbing II, dan bila ada Pembimbing III.  Komponen penilaian Tugas Riset I meliputi: Pokok Permasalahan [40 %], Metodologi [20 %], Format [20 %] serta Bahasa dan Pustaka [10 %].

Output mata kuliah Tugas Riset I  adalah Laporan Tugas Riset I dengan isi seperti skripsi yang meliputi BAB I, BAB II, BAB III dan BAB IV (kalau sudah ada data) serta rencana penelitian selanjutnya. Laporan Tugas Riset I dipersyaratkan merujuk/mengacu  minimal pada empat  jurnal internasional terbaru (5 tahun terakhir). Penulisan Tugas Riset I mengaju pada Pedoman Penulisan Tugas Riset Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Diponegoro Semarang.

Tugas Riset II

Tugas Riset II (TR-2) adalah bagian kedua mata kuliah Tugas Riset. Mata kuliah ini memberikan kemampuan mahasiswa pada akhir masa studi untuk merumuskan permasalahan, menyusun rencana penelitian, melaksanakan penelitian, pengamatan, pengolahan dan analisis, serta mengkomunikasikan hasil penelitian melalui karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi maupun lisan [Sidang Ujian Tugas Riset/Ujian Skripsi].

Mahasiswa yang mengambil Mata kuliah Tugas Riset II diwajibkan untuk menyusun Laporan Tugas Riset II berupa Skripsi. Laporan Tugas Riset II [Skripsi] dipersyaratkan merujuk/mengacu  kepada minimal empat  jurnal internasional terbaru (5 tahun terakhir). Untuk menilai atau mengevaluasi kemampuan mahasiswa menyelesaikan TR-2, maka setelah selesai menyusun Skripsi, selanjutnya diadakan Ujian Tugas Riset II/Ujian Skripsi. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah tugas riset I dengan persyaratan sebagai berikut:

  1. Menempuh minimal 110 sks, IPK > 2,75 (tanpa nilai D dan E).
  2. Untuk mahasiswa angkatan sebelum 2017/2018 syarat IPK > 2,00 (tanpa nilai D dan E).
  3. Lulus semua matakuliah TR-1
  4. Memiliki skor 400 sertifikat TOEFL (SEU).

Prosedur
Tugas Riset I

  1. Mahasiswa mengisi form minat riset yang dikategorikan berdasarkan pengelompokan laboratorium (Lab. Kimia Fisik, lab. Kimia Analitik, lab. Kimia Organik, lab. Kimia Anorganik dan lab. Biokimia) di Departemen Kimia.
  2. Mahasiswa menyerahkan form pendaftaran TR I dan dokumen persyaratan lainnya ke Koordinator TA
  3. Koordinator tugas riset mengelompokan mahasiswa berdasarkan minat mahasiswa dan kuota yang tersedia di masing-masing laboratorium (1 orang dosen maksimal dapat menjadi pembimbing utama untuk 5 mahasiswa).
  4. Hasil pengelompokan kemudian diserahkan kepada masing-masing kepala laboratorium
  5. Kepala laboratorium menentukan dosen pembimbing I dan II yang mekanismenya diserahkan pada masing-masing laboratorium.
  6. Kepala laboratorium menyerahkan daftar pembimbing I dan II yang kemudian direkap dan diserahkan kepada departemen
  7. Mahasiswa mengisi KRS Tugas Riset I
  8. Departemen melakukan verifikasi kelayakan pengambilan Mata Kuliah Tugas Riset I
  9. Departemen mengumumkan Dosen Pembimbing mahasiswa tugas riset 1
  10. Mahasiswa berkonsultasi dengan pembimbing I dan II untuk melaksanakan tugas riset I (topik riset ditentukan oleh dosen pembimbing berdasarkan road map penelitian masing-masing dosen pembimbing)
  11. Mahasiswa menyusun outline dan diseminarkan di laboratorium.
  12. Mahasiswa melaksanakan penelitian pendahuluhan
  13. Mahasiswa menyusun laporan tugas riset I sebagai syarat kelulusan mata kuliah tugas riset I
  14. Dosen Pembimbing menyerahkan Form penilaian kepada Koordinator TA/ Departemen

Diagram alir Tugas Riset 1

Prosedur
Tugas Riset 2

  1. Mahasiswa mengisi KRS Tugas Riset II
  2. Mahasiswa mengisi form pendaftaran Tugas Riset II (form dapat didownload di web departemen kimia) dan melengkapi dokumen persyaratan lainnya.
  3. Mahasiswa menyerahkan form pendaftaran TRII dan dokumen persyaratan lainnya ke bagian administrasi Departemen
  4. Mahasiswa melakukan riset di laboratorium sesuai dengan topik penelitian
  5. Mahasiswa menyusun laporan tugas riset II
  6. Mahasiswa melakukan seminar kemajuan penelitian di laboratorium
  7. Pelaksanaan kelayakan ujian skripsi di laboratorium
  8. Pelaksanaan ujian skripsi

Diagram alir Tugas Riset 2