Penjaminan Mutu

oleh

Pelaksanaan penjaminan mutu didasari dokumen SPMI Universitas Diponegoro yang berisi:

  1. Statuta Universitas Diponegoro PP No. 52 Tahun 2015
  2. Kebijakan Mutu Akademik Universitas Diponegoro SK rektor Universitas Diponegoro No.166/SK/UN7/2012
  3. Manual Mutu Akademik Universitas Diponegoro SK Rektor Universitas Diponegoro No.168/SK/UN7/2012
  4. Standar Mutu Akademik Universitas Diponegoro SK Rektor Universitas Diponegoro No.172/SK/UN7/2012

Dalam pelaksanaannya, Program Studi S-1 Kimia membentuk Gugus Penjaminan Mutu (GPM) yang berkordinasi langsung dengan Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Diponegoro. Struktur organisasi GPM terdiri dari Ketua, Sekretaris dan anggota. GPM melaporkan hasil audit kepada Ketua Program Studi.

Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Program Studi S-1 Kimia bertugas melaksanakan penjaminan mutu di tingkat program studi. Sistem Penjaminan Mutu sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar penjaminan mutu Universitas Diponegoro, ada umpan balik dan tindak lanjutnya yang didukung dokumen yang lengkap. Sistem Penjaminan Mutu di Program Studi S-1 Kimia ini dilaksanakan sesuai amanat PP No. 52 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Diponegoro Bab V (Sistem Penjaminan Mutu Internal). Umpan balik dan tindak lanjut didasarkan pada hasil dari audit internal yang dilakukan oleh LP2MP melalui kegiatan AIMA (Audit Internal Mutu Akademik). Sasaran audit adalah mutu akademik, termasuk diantaranya sistem penjaminan mutu, pengembangan sistem pembelajaran, infrastruktur pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.

Tugas pokok GPM Program Studi S-1 Kimia adalah melakukan penjaminan mutu kegiatan akademik, yang terdiri dari kepatuhan terhadap kebijakan yang berlaku, standar akademik, peraturan akademik dan manual mutu, Manual Prosedur (MP) serta Instruksi Kerja (IK).

Pelaksanaan GPM meliputi:

1.    Monitoring dan evaluasi kebijakan akademik serta memantau pelaksanaannya dengan baik, misalnya ketaatan terhadap kalender akademik, jadwal kuliah, ujian, dan yudisium.

2.    Monitoring dan evaluasi bekerja sama dengan Kelompok dosen Bidang Keahlian/ilmu (KBK) terkait capaian pembelajaran yang mencakup kesesuaian bahan ajar, materi pembelajaran, mutu tugas dan soal ujian serta tugas akhir dengan silabus, GBPP/SAP (RPS).

3.    Menyusun dokumen mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi di tingkat Program Studi S-1 Kimia.

4.    Melaksanakan audit internal secara periodik di tingkat Program Studi.

5.    Melaksanakan tindak lanjut temuan hasil Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) dari Universitas.

Pelaksanaan penjaminan mutu mengikuti siklus SPMI seperti gambar berikut :

Gambar siklus sistem penjaminan mutu internal

Dokumen pelaksanaan Penjaminan Mutu di Program Studi S-1 Kimia terdiri atas:

1.    Kebijakan sistem penjamin mutu internal,

2.    Standar sistem penjaminan mutu internal,

a.    Standar isi sistem penjaminan mutu internal,

b.    Standar proses pembelajaran sistem penjaminan mutu internal,

c.    Standar kompetensi lulusan sistem penjaminan mutu internal,

d.    Standar dosen dan tenaga kependidikan sistem penjaminan mutu internal,

e.    Standar sarana dan prasarana sistem penjaminan mutu internal,

f.     Standar pengelolaan sistem penjaminan mutu internal,

g.    Standar pembiayaan sistem penjaminan mutu internal,

h.    Standar penilaian pendidikan sistem penjaminan mutu internal,

i.      Standar mahasiswa sistem penjaminan mutu internal,

j.      Standar suasana akademik sistem penjaminan mutu internal,

k.    Standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sistem penjaminan mutu internal,

l.      Standar sistem informasi sistem penjaminan mutu internal,

m.   Standar kerjasama dalam dan luar negeri sistem penjaminan mutu internal.

3.    Pedoman/manual prosedur penjaminan mutu Manual Prosedur yang dimiliki Program Studi S-1 Kimia antara lain:

a.    MP Penerimaan Mahasiswa Baru

b.    MP Penyusunan Jadwal Kuliah

c.    MP Pengisian KRS

d.    MP Pembatalan/Penggantian Mata Kuliah

e.    MP Pelaksanaan Ujian

f.     MP Evaluasi Proses Pembelajaran (Siakad)

g.    MP Peminjaman Alat Laboratorium

h.    MP Pelaksanaan Praktikum

i.      MP Kuliah Tamu

j.      MP Praktek Kerja Lapangan (PKL)

k.    MP Praktikum Kimia Terpadu (PKT)

l.      MP Tugas Riset

m.   MP Yudisium Sarjana