Tim Bagaskara

Tim “Bagaskara” yang beranggotakan 3 mahasiswa Departemen Kimia Fakultas Sains dan Matematika Undip (Beti Safitri/Kimia Angkatan 2015, Kharisma Madda Ellyana/Angkatan 2016, dan Silvia Handayani/Angkatan 2016) dan 3 mahasiswa dari Fakultas Teknik Undip (Eko Wahyu Saputro, Bayu Aji Pratama, dan Fariz Nur Amalia) menjadi delegasi dari Undip dalam ajang XII International Warsaw Invention Show (IWIS) yang diselenggarakan di Warsaw University of Technology, Polandia pada 15-17 Oktober 2018. IWIS sendiri merupakan agenda internasional tahunan dengan kegiatan berupa kompetisi dan pameran riset yang diadakan oleh Association of Polish Inventors and Rationalizers.
Di tahun 2018, tim Bagaskara berhasil menyisihkan peserta dari 26 negara, diantaranya Canada, Polandia, Taiwan, Thailand, Saudi Arabia, Korea Selatan, Jepang, Singapura dan Iran. Melalui pemaparan Smart Blinds With Modular Solar Cell Doped Nanoparticles TiO2 as a Building Renewable Energy, tim ini berhasil mengharumkan nama Departemen dan Undip dengan membawa pulang 4 penghargaan bergengsi. Mereka berhasil meraih medali emas dan 3 special awards dari Global Exhibition (Saudi Arabia), Toronto International Society of Innovation & Advanced Skills (Canada), dan mendapatkan gelar The Best Foreign Youth Invention dalam event IWIS 2018.
Pada ajang tersebut, mereka memaparkan solar sel dalam bentuk tirai yang sudah di doping dengan Nanoparticles TiO2 untuk meningkatkan efisiensi dan jumlah arus listrik yang dihasilkan dari solar sel dari sumber cahaya matahari langsung. Manfaat yang diperoleh adalah arus listrik yang cukup untuk disalurkan ke dalam bagian penyimpan energi untuk kemudian dimanfaatkan sebagai penyedia energi listrik pada bangunan-bangunan atau gedung. Tirai ini didesain dengan solar tracking dan modular system sehingga dapat digunakan sebagai sebuah inovasi dalam pengembangan sel surya yang dapat dipasang sesuai bentuk dan ukuran jendela. Sistem ini akan secara otomatis menyerap energi dari matahari dengan cara mengikuti arah matahari dan selanjutnya akan disimpan dalam penyimpan energi.