Semarang- Departemen Kimia kembali mengadakan pelatihan bagi para dosennya. Kali ini berupa Pelatihan Penulisan Dokumen Paten, yang dilaksanakan di Gedung Geotermal FSM Undip kemarin (4/8). Pelatihan yang diikuti oleh para dosen FSM ini menjadi penting, mengingat FSM sebagai fakultas penggiat riset di bidang ilmu pengetahuan dan Matematika.

Pada pelatihan ini menghadirkan dua narasumber dengan topik materi yang berbeda. Kedua narasumber tersebut adalah Dr. I Nyoman Widiasa., S.T., M.T dengan topik materi “Inovasi dan Pengembangan Hasil Riset”, dan Ibu Hermin Pancasakti dengan topik materi “Kekayaan Intelektual Paten dan Hak Cipta”.

“Dosen harus melakukan riset mandiri yang meliputi ilmu dasar dan ilmu terapan. Selain itu juga sebagai penemu yaitu menjadikan suatu bahan yang belum ada menjadi ada, menjadi lebih baik dan lebih murah dan yang paling penting adalah dapat bermanfaat bagi orang lain,” ungkap Nyoman. Setiap penelitian yang telah dihasilkan, perlu adanya suatu hak Paten sehingga penemuan ataupun hasil penelitian tersebut mendapat perlindungan untuk jangka tertentu.

Paten sendiri merupakan kepentingan bersama untuk mewujudkan adanya UNDIP sebagai PTN BH. UNDIP telah menargetkan dalam tahun 2019 terdapat 30 paten pengembangan hasil riset. Namun, pada tahun 2017 ini UNDIP telah memiliki 90 paten. Hal ini tentu telah melebihi target yang diharapkan. “Sertifikat paten sebagai salah satu kekayaan intelektual, oleh sebab itu minimal dosen harus mengajukan paling tidak buku atau modul yang digunakan”, tambah Hermin disela-sela memberikan pelatihan membuat Paten dengan templete yang telah ada kepada para dosen. (Polimer/YR)